Kehilangan Bayi Kembarnya, Ammar Zoni: Pembelajaran Untuk Masyarakat

ANITA ROSDIANA - INSERTLIVE
Rabu, 09 Oct 2019 07:42 WIB
Kehilangan Bayi Kembarnya, Ammar Zoni: Pembelajaran Untuk Masyarakat
Jakarta, Insertlive - Tepat pada hari Minggu (6/10), pasangan Irish Bella dan Ammar Zoni dirundung kesedihan. Hal ini karena bayi kembar yang dikandung oleh Irish Bella meninggal dunia.

Kemarin, tim dokter Rumah Sakit Harapan Kita yang menangani perawatan Irish Bella mengungkap jika kandungan Irish mengalami Twin-To-Twin Transfusion Syndrome (TTTS). Istilah kelainan ini diberikan untuk kondisi di mana terlalu banyak aliran darah yang mengalir ke janin kandungan Irish.

Tim dokter Irish Bella Tim dokter Irish Bella / Foto: Edward J Ginting


Selain itu, seorang dokter yang juga menangani Irish yaitu Dr. Gatot Abdurrazak, Sp.OG, mengatakan jika kelainan yang dialami Irish Bella saat mengandung harus diungkap ke media. Ini dimaksudkan untuk pembelajaran ke masyarakat.

"Mas Ammar dan Mbak Irish ini ngobrol sama saya agar memberi tahu media soal ini untuk pembelajaran ke masyarakat. Jadi kalau hamil itu tidak boleh menunda USG, karena di situ bisa diprediksi kalau ini bakal kelainan, kembar atau tunggal, jadi begitu hamil 8 minggu langsung cek," ujar Gatot saat ditemui di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta, Senin (7/10).



Gatot yang juga menjadi dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi serta subspesialis Fetomaternal mengatakan jika seorang ibu yang mengandung dengan kondisi TTTS ini sangatlah kecil untuk bisa melahirkan bayi dengan selamat.

Menurutnya, diantara banyak kasus yang seperti ini, Gatot ungkapkan jika hanya 80 persen ibu yang bisa melahirkan bayi dengan selamat dan sehat tanpa penyakit apapun.

[Gambas:Video Insertlive]

(nap/nap)
KOMENTAR
POPULER