Kenangan Indah Dengan BJ Habibie yang Tak Akan Dilupakan Reza Rahadian

Olla - INSERTLIVE
Kamis, 12 Sep 2019 23:40 WIB
Kenangan Indah Dengan BJ Habibie yang Tak Akan Dilupakan Reza Rahadian
Jakarta, Insertlive - Sosok mantan Presiden Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie memang dikenang bersahaja oleh masyarakat. Sehingga kepergiannya tentu menjadi duka mendalam bagi bangsa Indonesia.

Banyak pihak yang mengaku sudah terinspirasi dengan sosok yang dianggap guru bangsa ini. Termasuk salah satunya Reza Rahadian yang berperan sebagai Habibie dalam film Habibie & Ainun.

Sekitar beberapa bulan lalu Reza mengaku masih rutin berkomunikasi dengan Habibie. Bahkan Reza mengenang momen ketika makan siang bersama di rumah eyang Habibie.

"Saya bulan Juli masih berkomunikasi, sekitar bulan Agustus eyang juga sempat dirawat dan saya sempat video call juga tapi kondisinya waktu itu kembali pulih, lalu terakhir saya sempat makan siang di rumah Beliau, di sana hanya ada kami berdua, membicarakan tentang film serta legacy terakhir dia untuk bangsa ini yaitu pesawat R-80 yang juga disampaikan kepada saya," kata Reza saat ditemui di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9).

Reza juga cerita jika Habibie kerap tidur sampai larut malam. Ia hanya bisa mengingatkan eyang Habibie agar menjaga kesehatan dan pola tidur.

"Saya hanya bisa mendoakan dan mengingatkan Beliau supaya jangan terlalu sibuk sampai larut malam tidurnya, kadang telponan sampai jam satu malam, tapi Beliau belakangan ini tidur cuman 3-4 jam," cerita Reza.

Pemakaman BJ Habibie di TMP KalibataPemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata/ Foto: Marianus Harmita

Banyak momen yang tidak bisa dilupakan Reza ketika bersama Habibie. Ia mengaku masih ingat ketika pertama kali bertamu ke rumah Habibie.

"Momen-momen diskusi seputar ketika saya menyelami karakter Beliau dan Beliau mau meluangkan waktu, saya masih ingat banget ketika pertama kali datang ke rumah Beliau jam 11 malam, karena beliau baru selesai menemani tamunya di jam tersebut, lalu kita diskusi soal skenario dan bahasa Jerman," cerita Reza.

Namun yang tak akan pernah dilupakan Reza dari sosok Habibie adalah sikap perhatiannya. Bahkan Reza juga pernah cerita ketika Habibie membawanya ke rumah sakit saat melakukan syuting film.

"Salah satu kenangan yang tidak terlupakan adalah bagaimana perhatian Beliau, saya ingat pas syuting Rudy & Habibie itu sempat sakit, karena kecapekan syuting mungkin, saya ngotot tetap minta syuting, terus tiba-tiba eyang datang ke lokasi dan minta syuting dihentikan lalu membawa saya ke dalam mobil pribadi beliau dan langsung menuju rumah sakit pada waktu itu, ditungguin sampai saya benar-benar masuk ke ruang inap," cerita Reza.

[Gambas:Video Insertlive]

(ikh/ikh)
KOMENTAR
POPULER