Viral Video Siswa Bawa Celurit ke Sekolah, Ini Tanggapan Psikolog

Madeleine Mekel - INSERTLIVE
Kamis, 12 Sep 2019 18:33 WIB
Viral Video Siswa Bawa Celurit ke Sekolah, Ini Tanggapan Psikolog Intan Erlita, psikolog (Foto: Madeleine Mekel)
Jakarta, Insertlive - Sebuah video yang merekam seorang anak SMP membawa celurit ke sekolah mendadak viral di media sosial. Latar belakang sang anak membawa senjata tajam itu tak lain karena tak terima ponselnya disita oleh gurunya.

Video viral tersebut pun mendapat respons kecaman dari netizen. Rata-rata dari mereka mengecam perbuatan siswa tersebut terhadap gurunya.

Video tersebut tak hanya mendapat perhatian dari netizen saja, namun juga membuat psikolog Intan Erlita angkat bicara. Intan menyebut tindakan si anak yang tak terima gawainya disita hingga membawa celurit ke sekolah adalah salah.

Intan ErlitaIntan Erlita/ Foto: Madeleine Mekel


"Bawa celurit ke sekolah itu satu hal yang salah, bagus tidak ada korban jiwa. Respons si anak ini salah," ujarnya ditemui di Studio Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (11/9).

Namun Intan juga mempertanyakan bagaimana proses gawai tersebut bisa disita. Intan menduga ada sikap kurang baik yang diterima sang anak saat gawainya disita hingga membuatnya nekat membawa celurit ke sekolah.


"Apakah pada saat diambil itu, apakah gurunya meminta dengan baik atau langsung diambil? Apakah saat dia melanggar bicara baik-baik atau nggak?," ujarnya.

Intan Erlita pun memberikan nasihat kepada orangtua atau guru yang mau membatasi gawai pada anak untuk menggunakan bahasa mereka dan tidak menggurui. Hal ini diperlukan agar komunikasi tetap berjalan baik dan tak membuat emosi anak justru meledak.

"Kuncinya adalah komunikasi, karena anak-anak remaja ini kan punya karakter yang hampir sama, jadi pakai bahasa mereka jangan menggurui," pungkasnya.

[Gambas:Video Insertlive]


(dia/fik)
KOMENTAR
POPULER