Toni Morrison, Penulis Peraih Nobel Meninggal Dunia

Syafrina Syaaf - INSERTLIVE
Rabu, 07 Aug 2019 10:46 WIB
Toni Morrison, Penulis Peraih Nobel Meninggal Dunia
Jakarta, Insertlive - Toni Morrison, penulis karya sastra bertajuk Beloved, Song of Solomon, dan Sula, telah meninggal dunia hari ini Rabu (7/8) waktu setempat di usia 88 tahun.

Morrison merupakan penulis wanita Afrika-Amerika pertama yang mendapatkan Penghargaan Nobel.

Deretan novel karya Morrison mengangkat kisah hidup kelompok etnis Afrika-Amerika dengan ragam latar belakang, mulai dari pasca perang sipil, kolonial, dan era modern.

Bakatnya menjalin realitas nyata kehidupan orang berkulit hitam dengan sentuhan prosa yang menyentuh membuat Morrison dipandang sebagai penganut sastra realisme terpandang.

Keunggulan karya-karya Morrison terletak pada kemampuannya membangun karakter yang kompleks dengan alur cerita yang melekat dengan kehidupan sehari-hari.

Tema-tema seperti perbudakan, ketidakadilan terhadap wanita, warna kulit, dan supernaturalisme menjadi hidup di tangannya.

Seorang novelis, editor, guru, dan professor di Universitas Princeton, Morrison pernah mengatakan bahwa menulis memberikannya kebebasan sejati.

"Saya tahu bagaimana menulis selamanya. Saya tidak berpikir saya bisa bahagia tinggal di sini di dunia jika saya tidak memiliki cara untuk berpikir menjadi sebuah tulisan. Ini adalah kontrol. Tidak ada yang memberi tahu saya apa yang harus dilakukan," urai Morrison.

Dia juga sempat mengungkapkan bahwa bakat menulis adalah miliknya seutuhnya, sesuatu yang gratis untuk dirinya.

"Menulis adalah pengetahuan umum," pungkasnya.

[Gambas:Video Insertlive]

(des/des)
KOMENTAR
POPULER