Bersejarah! Ini Potret Lubang Hitam Pertama Sepanjang Sejarah

doa - INSERTLIVE
Sabtu, 13 Apr 2019 11:03 WIB
Bersejarah! Ini Potret Lubang Hitam Pertama Sepanjang Sejarah
Jakarta, Insertlive - Sebagian besar kita tentu telah mengetahui apa itu lubang hitam, entah dari pelajaran sewaktu sekolah, atau film-film bergenre fiksi ilmiah seperti Interstellar garapan sutradara terkenal Christopher Nolan dan film lain semacamnya. Selain itu, seperti yang kita tahu, objek yang mampu menyerap apapun di sekitarnya ini memang tidak pernah bisa didokumentasikan, dan tak satupun yang mampu mengambilnya.
Sejak Albert Einstein pertama kali mengungkap teori relativitas umum dan memprediksi bahwa butuh massa besar untuk menciptakan sebuah lubang hitam yang berada di ruang waktu, tidak ada satupun gambar asli tentang lubang hitam ini. Dan gambar-gambar yang tersebar tentang penampakan lubang hitam selama ini hanyalah sebatas ilustrasi saja.

[Gambas:Instagram]

Namun hal tersebut sudah tidak lagi berlaku sejak Event Horizon Teloscope mengabadikan gambar lubang hitam, hal yang merupakan pertama kalinya dalam sejarah ilmu pengetahuan dan peradaban manusia. Dilansir dari Vice.com, Shep Doelman sekali direktur proyek tersebut mengabarkan kepada khalayak telah mengabadikan momen bersejarah tersebut.

"Kami ingin melaporkan kepada kalian semua bahwa kami baru saja melihat apa yang selama ini kita pikir tidak bisa dilihat (Lubang Hitam)," ungkap Shep.

Selain proyek Event Horizon Teloscope, orang yang paling berjasa dalam hal ini adalah Katie Bowman, seorang astronom perempuan yang mengoperasikan proyek Event Horizon tersebut. Bowman juga tercatat sebagai programmer yang merancang komputer agar mampu memproses objek foto luar angkasa, termasuk lubang hitam tersebut, yang mana dalam prosesnya Bowman mengumpulkan hasil observasi berbagai teleskop dunia.

[Gambas:Instagram]

Faktanya, Lubang Hitam tersebut dipotret menggunakan data teleskop di seluruh dunia, dan projek Event Horizon Telescope ini merupakan kumpulan dari berbagai teleskop di seluruh dunia dan seolah-olah diubah menjadi satu teleskop raksasa yang diarahkan ke galaksi Messier 87, lokasi di mana lubang hitam diamati. Hal ini lah yang memungkinkan foto Lubang Hitam tersebut memiliki resolusi yang sangat tinggi.

Gambar tersebut juga diyakini sebagai puncak sains selama satu abad ini, dan juga merupakan kolaborasi paling masif yang terjadi di seluruh dunia. Hal ini pun diungkapkan oleh Carlos Moedas, selaku Komisaris Riset, Sains dan Inovasi Uni Eropa pada konferensi pers di Brussels yang mengungkap hal tersebut.

"Kamu membutuhkan orang dari 40 negara di seluruh dunia untuk mengabadikan sesuatu yang sudah lama diimpikan banyak orang." ungkap Moedas.

[Gambas:Instagram]

(doa/doa)
KOMENTAR
POPULER