Batasi Penggunaan Gadget Anak, Mona Ratuliu Beri Pengertian

Egi Atmaja & Regie Trie J - INSERTLIVE
Selasa, 15 Jan 2019 18:59 WIB
Batasi Penggunaan Gadget Anak, Mona Ratuliu Beri Pengertian
Jakarta, Insertlive - Penggunaan gadget yang berlebihan di kalangan remaja dan anak-anak membuat para orang tua harus bijak menangapinya. Berpendapat soal kasus ini, Mona Ratuliu yang ditemui di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (15/1), mengakui membatasi anak-anaknya dalam menggunakan gadget.

Mona RatuliuFoto: Regie Trie J
Mona Ratuliu

Pembatasan penggunaan gadget ini dilakukan Mona bertujuan untuk mendisplinkan anak-anaknya agar hidup teratur. "Kita batasin sampai jam delapan malam. Boleh main gadget asal sudah mandi, sudah makan, sudah ngerjain tugas, sudah solat," ujar istri Indra Brasco itu.

Pembatasan penggunaan gadget diakui Mona tak hanya berlaku di hari sekolah saja, namun juga saat hari libur atau akhir pekan. "Kalau hari libur sih minimal banget habis sejam main terus istirahat, pokoknya ada jeda istirahat supaya matanya oke," ujar Mona menambahkan.
Meski tak bisa mengawasi penggunaan gadget anak-anaknya selama seharian, Mona menerapkan kebijakan kepada anak-anaknya bahwa mereka harus punya waktu untuk berdiskusi dengan orang tua. Waktu berdiskusi ini biasanya diisi dengan mendengar keluhan anak-anak atau bermain bersama.

"Sebenernya sibuk nggak sibuk kita nggak pernah bisa ngawasin 24 jam sih, kalau aku sih selalu menyediakan waktu ya untuk ngobrol tiap hari sama dia," ungkap ibu tiga orang anak ini.

Mona juga mengaku berdiskusi dengan anak merupakan solusi terbaik untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi sang anak baik di kehidupan sehari-hari maupun media sosial. "Ya solusinya kita ajak bicara, kita ajak ngobrol, diskusi, dengerin juga keluhan-keluhannya, walau bagaimanapun juga sosial media banyak positifnya juga sih buat anak-anak," pungkas Mona Ratuliu.

[Gambas:Video 20detik] (dia/ren)
KOMENTAR
POPULER