Usai 'Spirited Away', Kini 'Suzume' Makoto Shinkai Berjuang di Berlinale

YOA | Insertlive
Selasa, 24 Jan 2023 16:45 WIB
Suzume
Jakarta, Insertlive -

Film animasi terbaru garapan Makoto Shinkai, Suzume, masuk jajaran kompetisi untuk Berlin International Film Festival (Berlinale) 2023 yang diumumkan pada Senin (23/1).

Suzume no Tojimari adalah anime pertama Jepang yang kembali ikut kompetisi itu dalam 21 tahun, sejak Spirited Away karya Hayao Miyazaki memenangkan piala Golden Bear pada 2002.

Suzume juga menjadi film Jepang pertama yang bersaing untuk penghargaan Golden Bear sejak 2021, setelah Guzen to Sozo karya sutradara Ryusuke Hamaguchi menang Silver Bear Grand Jury Prize.


Berdasarkan keterangan resmi, sutradara Makoto Shinkai bersama Nanoka Hara dan produser Genki Kawamura akan menghadiri langsung Berlinale 2023 di Jerman.

IKUTI QUIZ

Pemenang akan diumumkan pada 26 Februari mendatang, tepatnya pada hari terakhir Berlinale ke-73.

Berlin International Film Festival selama ini dikenal dalam tiga festival film terbesar di dunia,selain Cannes International Film Festival dan Venice International Film Festival.

Suzume no Tojimari mengisahkan Suzume, remaja 17 tahun yang memulai perjalanannya di Kyushu usai bertemu pria muda yang sedang mencari pintu.

Suzume kemudian menemukan satu pintu tua yang berdiri tegak di tengah reruntuhan, seolah terlindung dari bencana apa pun yang terjadi dan menghancurkan sekelilingnya.

Suzume terpesona dengan pintu tersebut, dan seperti tertarik ke arahnya, hingga meraih kenop pintu tersebut.

Pintu mulai terbuka satu per satu di seluruh Jepang dan menyebabkan kehancuran bagi siapa pun yang berada di dekatnya. Hal tersebut membuat Suzume harus menutup portal tersebut untuk mencegah bencana.

Suzume tayang di bioskop Jepang sejak November 2022. Sementara itu, belum terdapat informasi detail jadwal penayangan Suzume di Indonesia.

(yoa/and)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER