Salman Aristo hingga Arie Kriting Bicara soal Sulitnya Bikin Film Komedi

Dini Astari | Insertlive
Sabtu, 03 Sep 2022 08:00 WIB
Waktu Netflix Indonesia
Jakarta, Insertlive -

Film komedi menjadi salah satu genre yang populer di Indonesia. Namun, pembuatan film dengan genre yang bisa memancing tawa penonton ini tak lantas mudah.

Kesulitan membuat komedi ini pun dilalui oleh Salman Aristo, Arie Kriting, dan Kristo Immanuel saat terlibat dalam pembuatan film dan series terbaru orisinal Netflix Indonesia.

Salman Aristo berkata, dalam membuat film komedi hal yang perlu diperhatikan adalah waktu. Jika meleset, humor yang disampaikan film bisa jadi tidak lucu lagi.


"Komedi itu kuncinya di timing banget, nah itu kalau meleset satu frame wah itu gawat kalau di komedi. Di drama mah meleset satu dua frame masih bisa oke, tapi meleset satu frame di komedi, lingkar mata aja salah cutting point-nya, habis udah," ungkap Salman Aristo dalam acara Waktu Netflix Indonesia, Jumat (2/9).

IKUTI QUIZ

Arie Kriting sebagai penulis sekaligus komedian pun memiliki trik tersendiri untuk menguji sisi komedi dari naskah yang ia buat.

Salah satunya adalah dengan mengajak orang lain menonton adegan yang memuat sisi komedi untuk dikomentari. Jika sampai tujuh kali dipertontonkan kepada orang yang berbeda adegan tersebut masih mengundang tawa, Arie merasa komedi yang ia hadirkan berhasil.

"Ketika kita sudah uji tujuh kali dan tetap lucu sih itu harusnya lucu seterusnya. Jadi kita percaya ketika kita ngedit kita udah hambar, tapi gimana kita secara antusias membuat itu terkesan seperti baru terus," beber Arie.

Di samping fungsi komedi untuk menghibur dan memancing tawa, Salman Aristo mengatakan ada tugas komedi yang tak kalah penting, membuat penontonnya bahagia.

Bahagia dalam artian bisa menerima hingga menertawakan kekurangan yang ada atau keterbatasan yang dimiliki, baik personal, kelompok, atau masyarakat luas.

"Komedi harus kita sama-sama jaga sih, bukan cuma sekedar buat ketawa, tapi buat bahagia. Bahagia kan gitu, kita berdamai dengan banyak hal, dan komedi menjadi cara yang menyenangkan untuk kita berdamai dengan banyak hal," tutupnya.

Waktu Netflix IndonesiaWaktu Netflix Indonesia/ Foto: Dini Astari

Sementara itu, Netflix berkolaborasi dengan sineas Tanah Air meluncurkan Waktu Netflix Indonesia yang merupakan proyek pembuatan film dan serial orisinal berkualitas.

Deretan sutradara, penulis, serta aktor berbakat pun digandeng untuk memberikan tontonan menarik dengan kearifan lokal Indonesia, tetapi tetap bisa dinikmati penonton di seluruh dunia.

(dia/dia)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER