I-pedia

Pesona Unik Danau Baikal yang Bisa Dilalui Mobil Saat Membeku

Dini Astari | Insertlive
Minggu, 19 Jun 2022 10:41 WIB
Danau Baikal Membeku
Jakarta, Insertlive -

Danau Baikal merupakan salah satu danau terbesar di dunia yang memiliki pesona luar biasa dan menarik wisatawan.

Danau yang terletak di Siberia, Rusia, tidak hanya masuk dalam daftar danau terluas, tetapi juga tercatat sebagai danau dengan air terjenih di dunia.

Menurut UNESCO, Danau Baikal mengandung 20% air tawar dan menjadi rumah bagi satu-satunya anjing laut air tawar di dunia dan ratusan spesies lainnya.


Karena lokasinya yang terpencil, Danau Baikal sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan. Namun ia memberi efek yang besar bagi penduduk setempat, terutama sejak es menjadi sangat tebal saat musim dingin, sehingga memungkinkan untuk dilewati.

Danau BaikalDanau Baikal/ Foto: (Getty Images/iStockphoto)

Meski luas, Danau Baikal ternyata tidak luput dari pembekuan saat musim dingin tiba. Berdasarkan data dari LakeBaikal.org, es yang tercipta akibat musim sangat tebal dan kuat. Namun fluktuasi suhu udara yang terjadi setiap hari menciptakan pola rumit dan celah menganga di sepanjang es yang indah dipandang mata.

Akibat pembekuan tersebut, permukaan danau ini juga kerap dijadikan tempat kemah oleh para wisatawan. Ada pula yang sengaja membawa mobil mereka mengelilingi danau yang membeku itu.

Kok bisa ya? Cari tahu info selengkapnya tentang Danau Baikal dan fakta-fakta unik lain di dunia lewat acara I-Pedia yang tayang pada Minggu, 19 Juni 2022 pukul 11.00 WIB hanya di Trans TV.

(dia/dia)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER