Disebut Band Bodoh, Coldplay Buka Suara soal Kerja Sama dengan Neste

Insertlive | Insertlive
Jumat, 13 May 2022 16:55 WIB
Coldplay
Jakarta, Insertlive -

Coldplay menjadi salah satu band yang lantang menyuarakan isu-isu sosial dan dampak kerusakan alam terkait perubahan iklim.

Chris Martin dan kawan-kawan bahkan sampai menggelar tur dunia 'eco-friendly 'Music Of The Spheres'.

Niat Coldplay untuk mengajak masyarakat dunia meminimalisir jejak karbon juga mendapat sambutan positif dari berbagai pihak.


Namun belum lama ini, Coldplay justru disebut sebagai band bodoh yang dimanfaatkan untuk dalih kampanye alam palsu tersebut.

Hal itu karena Coldplay justru menjalin kerja sama dengan perusahaan perusahaan minyak Finlandia Neste untuk mengurangi emisi tur.

Neste mengklaim sebagai perusahaan produsen biofuel berkelanjutan terbesar yang aktif di dunia.

Meski begitu, perusahaan pemasok minyak sawit untuk Neste justru membuka 24.710 hektar hutan di negara-negara termasuk Indonesia pada 2019-2020.

Fakta tersebut yang lantas membuat munculnya tudingan bahwa Neste memanfaatkan Coldplay untuk membersihkan reputasi sebagai salah satu dalang deforestasi di dunia.

"Neste secara sinis menggunakan Coldplay untuk membersihkan reputasinya. Ini adalah perusahaan yang terkait dengan jenis deforestasi yang akan mengejutkan Chris Martin dan para penggemarnya," ungkap Carlos Calvo Ambel, direktur senior grup kampanye Transportasi dan Lingkungan (T&E) dilansir dari Friends Of The Earth, Kamis (12/5).

"Belum terlambat, mereka harus menghentikan kemitraan mereka dengan Neste sekarang dan fokus pada solusi yang benar-benar bersih sebagai gantinya," sambungnya.

Coldplay pun ikut angkat bicara mengenai kritikan yang disampaikan terkait kerja sama tersebut. Mereka secara tegas menyatakan bahwa kerja sama itu hanya bagian kecil dari usaha untuk mengurangi dampak kerusakan alam.

"Ketika kami mengumumkan tur ini, kami mengatakan bahwa kami akan mencoba yang terbaik untuk membuatnya berkelanjutan dan berdampak rendah karbon mungkin, tetapi itu akan menjadi pekerjaan yang sedang berjalan. Itu tetap benar. Kami belum mengklaim semuanya baik-baik saja," kata Coldplay..

"Sebelum kami menunjuk Neste sebagai pemasok produk biofuel ini, kami menerima jaminan mereka bahwa mereka tidak menggunakan bahan mentah apa pun dalam produksinya, terutama bukan minyak sawit. Pemahaman kami bahwa mereka hanya menggunakan produk limbah terbarukan, seperti minyak goreng dan produk sampingan dari pembuatan pulp kayu." sambung Coldplay.

Meski begitu, Coldplay tetap menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kritik yang diberikan untuk usaha mereka tersebut.

"Kami melakukan yang terbaik, dan selalu dengan tulus menerima saran tentang bagaimana melakukannya dengan lebih baik." tutup Coldplay.

(ikh/syf)
Tonton juga video berikut:
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
Loading
Loading
BACA JUGA
UPCOMING EVENTS Lebih lanjut
detikNetwork
VIDEO
TERKAIT
Loading
POPULER