Kisah Suka dan Duka Padi Reborn Berkarier Selama 24 Tahun

Insertlive - INSERTLIVE
Rabu, 17 Nov 2021 19:30 WIB
Padi Reborn
Jakarta, Insertlive -

Padi adalah salah satu nama band yang sudah harum di dunia musik Indonesia. Band ini diisi oleh Fadly, Piyu, Rindra, Ari, dan Yoyo yang berasal dari Surabaya.

Band ini awalnya dibentuk pada 1997 dan menggunakan nama Soda. Piyu cerita bahwa semua personel Padi bertemu di satu kampus yang sama, yakni Universitas Airlangga.

"Kita ketemu sekitar 1997, kebetulan kita di kampus yang sama, dan sering ikut acara pentas seni (pensi), terus kita bikin demo, dan 1998 kita rekaman lagu pertama kali, ya sampai sekarang ini," ungkap Piyu saat ditemui di studio Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Rabu (17/11).


Padi pertama kali merilis album Lain Dunia pada 1999. Album tersebut meledak di pasaran dan melambungkan nama Padi di industri musik Tanah Air.

Piyu mengaku awalnya Padi tak punya harapan berlebih selain berkarya dan melihat album mereka ada dijual di toko kaset. Yoyo bahkan juga hanya ingin karya Padi bisa diputar di radio.

"Padi rilis album pertama pada 1999, kalau dulu harapan saya sih cuma kita punya album terus kita lihat ada di toko kaset," ungkap Piyu.

"Iya, terus lagu-lagu kita itu bisa didengar di radio, itu nikmatnya udah setengah mati," sahut Yoyo.

Piyu cerita bahwa semua personel Padi tak kaget ketika mereka jadi pusat perhatian berkat album pertamanya yang meledak. Mereka selalu ingat bahwa band mereka bernama Padi yang punya filosofi bagus dalam kehidupan.

"Kalau soal star syndrome (sindrom kaget jadi pusat perhatian), kita ini kan punya band namanya Padi, itu filosofinya semakin berisi semakin menunduk, jadi itu kayak semacam pembatas buat kita, kalau kita jadi star syndrome, langsung ingat kalau kita itu Padi," ungkap Piyu.

"Kita kan awal mulanya dari nol, kita merangkak sama-sama, terus kita juga merasakan suka-duka sama-sama, perjalanan Padi adalah pengalaman yang membentuk karakter kita," sahut Yoyo.

Selain itu Piyu dan Yoyo juga cerita soal duka selama membangun karier Padi dari 1997 hingga sekarang. Salah satu yang paling diingat adalah momen Padi vakum dari industri musik hingga para personel kehilangan uang pemasukan.

"Dukanya itu ya 7 tahun nggak bayaran," ungkap Yoyo.

"7 tahun itu kita pernah vakum, jadi kita udah berkarya dari 1998 sampai 2010 itu kita nggak pernah berhenti, kita berkarya terus, kita bikin album, kita tur, terus bikin album lagi dan tur lagi, sampai akhirnya banyak emosi di dalam diri kita masing-masing yang berbenturan, dan akhirnya kita vakum," sahut Piyu.

Namun, Padi akhirnya berhasil membuktikan kebangkitan mereka dan kembali tampil bersama. Fadly sang vokalis berujar bahwa Padi adalah keluarga yang sudah memahami satu sama lain.

"Kita ini udah bareng-bareng selama kurang lebih 24 tahun, kita udah seperti keluarga, udah sama-sama paham dengan kurang lebih dari diri masing-masing," tutup Fadly.

(ikh/and)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
UPCOMING EVENT Lebih lanjut
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER