Detail Kostum Simu Liu di Film 'Shang-Chi And The Legend Of The Ten RIngs'

ikh - INSERTLIVE
Selasa, 07 Sep 2021 21:16 WIB
Shang-Chi (Simu Liu) in Marvel Studios' SHANG-CHI AND THE LEGEND OF THE TEN RINGS. Photo by Jasin Boland. ©Marvel Studios 2021. All Rights Reserved.
Jakarta, Insertlive -

Film Marvel yang berjudul Shang-Chi and The Legend Of The Ten Rings sudah tayang di bioskop. Film yang berkisah tentang superhero Asia pertama ini langsung berjaya di box office.

Penampilan Simu Liu ketika memerankan Shang-Chi juga sudah dipersiapkan secara matang. Kostum yang dikenakan Simu Liu di film ini didesain oleh Kym Barrett dan Sue Chan.

"Ketelitian dan perhatian pada detail produk pada desain tim adalah dinamika bersama dengan departemen kostum Kym Barrett. Bekerja dengan Sue Chan, saya merasa kami berbicara bahasa yang sama. Kami berdua memiliki keinginan ini untuk mendapatkan kebenaran itu. Misalnya, di Ta Lo, bagaimana keberadaan orang-orang ini? Ada benda dan detail kostum yang tidak dapat dilihat siapa pun di layar, tapi itu kami berpikir tentang. Bagaimana mereka bertani? Bagaimana mereka berdagang? Bagaimana mereka bertahan hidup di kekeringan?," ungkap Barrett sebagai salah satu yang perncang kostum Shang-Chi.


Selain itu tim desainer juga mengembangkan visi yang sangat spesifik tentang bagaimana Shang-Chi akan digambarkan. Mereka juga sudah mendapatkan dukungan penuh dari Kevin Feige dan Marvel Studios.

"Kami benar-benar dapat menjelajahi bagaimana Pahlawan Super ini dan orang-orang yang mengelilinginya dapat dilihat dan ditarik. Kami sangat menyadari perlunya pemberdayaan perempuan dan kelompok budaya yang berbeda. Kami mendekati segala sesuatu dari sudut pandang itu, 16 menjelajahi di mana orang menemukan kekuatan mereka sendiri." kata Barrett.

Cretton yang juga menjadi bagian tim desainer kostum Shang-Chi memuji kepiawaian Barrett dalam memikirkan konsep kostum pahlawan. Kostum Shang-Chi kisahnya dibuat dari kulit naga yang berharga dan tangguh.

"Kym menghadirkan begitu banyak lapisan, baik secara harfiah maupun kiasan, ke setiap kostumnya. Dia pikir begitu mendalam tentang setiap karakter dan bagaimana pakaian mereka menceritakan kisah mereka. Sangat menyenangkan melihat dia menafsirkan naskah dan karakter dan saksikan mereka melalui proses timnya yang luar biasa dan keluar dari yang lain samping. Setelan pahlawan Shang-Chi, yang ia kenakan di Ta Lo, dibuat dari perut naga, idenya adalah bahwa ketika naga berganti kulit, penduduk desa memanen dan melindunginya karena sangat berharga dan tangguh," kata Cretton.

Simu Liu sempat menyampaikan pendapat ketika pertama kali mencoba kostum tersebut. Ia mengaku jadi emosional karena mencoba kostum tersebut dan merasa beruntung.

"Sangat emosional mencobanya untuk pertama kalinya. Saya mengerti gravitasi dan signifikansi dari apa artinya, memahami betapa berharganya sedikit orang yang mengalami perasaan seperti itu. Saya merasa sangat beruntung dan sangat terhormat. Itu adalah momen yang sangat luar biasa," ungkap Simu Liu.

Barrett juga memikirkan betul bagaimana kostum tersebut saat dipakai dalam pertarungan. ia sengaja merancang kostum tersebut agar terasa ringan dan fleksibel.

"tertarik pada bagaimana kostum dapat meningkatkan gerakan dan memberi Anda apresiasi tinggi dari keterampilan seorang pemain. Semua elemen pada jubah adalah hal yang benar-benar berhasil ada, sampai ke es, yang digunakan untuk masing-masing pelat baja hingga jubah prajurit," kata Barrett.

Sejak awal, Barrett meminta departemen stunt untuk berlatih dalam jubah. Hal itu dilakukan untuk memastikan semua bagian berada di tempat yang tepat agar para pemeran tidak terlalu berjuang untuk gerakan yang diperlukan.

"Salah satu bagian paling menyenangkan dari pekerjaan saya adalah berkolaborasi dengan departemen stunt dan dengan para pemain. Itu juga bagus untuk berkolaborasi dengan efek visual dan khusus. Chris Townsend dan Dan Oliver setuju dengan saya untuk mencoba melakukan sebanyak yang kami bisa di kamera, dalam efek praktis dan dengan kostum, dengan efek visual mengambil alih untuk momen ekstra spesial atau momen pemecahan masalah yang penting," komentar Barrett.

Tim Barrett di Australia memiliki sebanyak 80 orang yang mengerjakan kostum untuk film tersebut. Ada orang yang menjahit, bekerja di komputer melakukan rendering 3D dan pencetakan.

Tim desain bahkan memiliki tempat untuk mencetak sendiri perlengkapan kostum kecil. Tim juga memiliki penyulam dan pembuat sepatu serta pembuat topi. Setidaknya sembilan puluh persen dari apa yang terlihat di film dibuat oleh tim departemen kostum.

"meskipun itu adalah film 'gambaran besar' karena itu cerita buku komik, jika Anda mendekat, Anda akan melihat model yang sangat detail dalam kostum yang memberi tahu cerita mereka sendiri, bagaimanapun alam bawah sadar atau halus. Saya paling bangga dengan cara Desain dan para penulis lainnya naskah, dan dunia yang Sue dan saya dan tim kami dibuat, disatukan secara harmonis dan bahwa kita menciptakan sebuah cerita di mana semua jalan kita menuju arah yang sama. Saya merasa seperti kami menciptakan keseluruhan yang benar-benar bersatu." ungkap Barrett.

Untuk penata rias dan perancang rambut dipercayakan kepada Rick Findlater. Ia memiliki bank berisi 200 wig dan 50 di antaranya dipakai untuk penampilan semua pemain dan banyak cameo.

"Pada saat tertentu saya, Anda bisa melihat hingga 50 stylist bekerja pada gaya rambut dari berbagai tempat yang digambarkan dalam film. Mengubah rambut agar sesuai dengan ac tertentu pada adegan adalah sangat penting, terutama dengan pemanah karena, menurut hukum, rambut harus dibersihkan di sisi mana pun pemanah digunakan untuk menembakkan busur dan anak panah. Dalam film sebagian besar orang yang melakukan aksi stunt memiliki beberapa jenis tatanan rambut yang aman untuk aktivitas khusus mereka," tutup Barrett.

(ikh/ikh)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER