Pita Suara Lyodra Ginting Pernah Rusak Akibat Whistle Voice

Agasa Putra - INSERTLIVE
Selasa, 04 May 2021 03:30 WIB
Lyodra Ginting Pita Suara Lyodra Ginting Pernah Rusak Akibat Whistle Voice / Foto: Marianus Harmita
Jakarta, Insertlive -

Lyodra Ginting menjelma menjadi salah satu penyanyi muda paling berbakat di Indonesia. Lyodra yang baru menginjak usia 17 tahun itu sudah mampu bernyanyi dengan teknik yang mengagumkan.

Salah satu teknik vokal yang sudah dikuasai Lyodra adalah Whistle Voice. Teknik yang terbilang cukup sulit itu sudah dikuasai Lyodra sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD).

"Aku udah bisa Whistle Voice sejak kelas 6 SD kalau nggak salah," ungkap Lyodra di studio Trans TV, Tendean, Jakarta Selatan, Senin (3/5).


Tak banyak penyanyi yang kerap menggunakan Whistle Voice ketika melantunkan lagu. Salah satu penyanyi yang terkenal sering menggunakan teknik ini adalah Mariah Carey.

Lyodra awalnya tak tahu bahwa teknik menyanyi dengan nada yang sangat tinggi itu disebut Whistle Voice. Namun ia mengaku sudah jadi penggemar Mariah Carey yang kerap bernyanyi dengan teknik tersebut.

"Aku nggak tahu itu Whistle, tapi aku fans sama Mariah Carey. Jadi aku nggak tahu itu nada whistle, ceritanya aku pulang sekolah terus aku teriak setinggi itu, pas aku putar lagu O Holy Night milik Mariah Carey, ternyata nada yang tadi itu ternyata whistle voice," ungkap Lyodra.

"Akhirnya aku mulai mengerti dan paham, udah bisa mengolah dan mengontrol kapan itu harus dipakai dan kapan nggak," lanjut Lyodra.

Namun Lyodra berujar bahwa teknik menyanyi whistle voice memang bukan perkara mudah. Teknik seperti ini bahkan sangat beresiko bila salah digunakan. Bahkan Lyodra mengaku pernah mengalami kerusakan pita suara akibat teknik ini.

"Sulit, tapi aku nggak mengharuskan kalian untuk belajar itu sih, karena itu sangat beresiko banget, jadi nggak ada penyanyi yang bilang keren itu harus pakai Whistle Voice, nggak ada, kalau memang nggak bisa ya jangan dipaksa, karena aku udah beberapa kali mengalami rusak pita suara karena whistle voice," ungkap Lyodra.

Lyodra cerita bahwa dirinya pernah mengalami kerusakan pita suara saat menggunakan Whistle Voice. Kejadian itu dialami Lyodra saat mengisi acara 17 Agustus di Istana Negara pada 2016.

"Itu pas 2016, ketika aku nyanyi di acara 17 Agustus di Istana Negara, aku mau nyanyi dan H -1 suara aku habis banget karena sebelum itu aku ada event dan menggunakan whistle, mungkin saat itu aku berlebih menggunakannya, dan akhirnya aku tidak bisa nyanyi di Istana Negara, suara aku yang benar-benar hilang, dan aku periksa ke THT," cerita Lyodra.

Namun hal itu tak membuat Lyodra kapok untuk menggunakan teknik Whistle Voice. Ia kini mengaku sudah cukup paham dalam menggunakan teknik itu dengan benar.

"Kapok sih kalau berlebihan, tapi sekarang kan aku udah paham bagaimana caranya menjaga suara, walaupun menggunakan itu tapi pita suara nggak rusak, dan itu aku pelajari," tutup Lyodra.

(ikh/ikh)
Tonton juga video berikut:
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER