Master Album Lama Dijual oleh Scooter Braun, Taylor Swift Naik Darah

ikh - INSERTLIVE
Selasa, 17 Nov 2020 16:00 WIB
Taylor Swift
Jakarta, Insertlive -

Polemik kepemilikan master album-album musik lama milik Taylor Swift kembali jadi perhatian.

Kali ini, master tersebut kembali pindah tangan ke Shamrock Holdings.

Pemilik sebelumnya, Scooter Braun diketahui menjual master tersebut dengan nilai $300 juta. Ternyata Taylor Swift sama sekali tak mengetahui perihal jual-beli master sejumlah album lamanya.


"Ini kali kedua musik saya telah dijual tanpa sepengetahuan saya. Surat itu mengatakan mereka [Shamrock Holdings] ingin menghubungi sebelum penjualan agar saya tahu. Namun Scooter Braun telah mensyaratkan bahwa mereka tidak boleh berkontak kepada saya dan tim saya, atau perjanjian batal. Sesegera kami berkomunikasi dengan Shamrock, saya mengetahui bahwa di bawah perjanjian, Scooter Braun tetap mendapatkan keuntungan dari katalog musik lama saya selama bertahun-tahun mendatang," tulis Swift di Twitter, Selasa (17/11).

Taylor sudah berusaha mendapatkan kembali hak cipta atas 6 album lamanya. Namun, Taylor berujar bahwa Scooter berusaha membuat hal itu tak terjadi. Bahkan Scooter disebut berusaha membungkam Taylor Swift terkait hal itu.

"Jadi saya harus menandatangani dokumen yang akan membungkam saya selamanya bahkan sebelum saya memiliki kesempatan membeli karya saya sendiri. Kuasa hukum saya mengatakan ini TIDAK normal, dan mereka tak pernah melihat perjanjian seperti ini kecuali untuk membungkam korban pelecehan dengan membayar mereka," lanjut Swift. "Master rekaman itu tak akan pernah dijual kepada saya," tulis Swift.



Taylor Swift akhirnya punya cara lain untuk bisa memiliki kembali hak atas master dari album-album lamanya. Ia berhak merekam kembali lima album pertama setelah 5 tahun dirilis sesuai perjanjian lama dengan Big Machine.

"Baru-baru ini saya memulai merekam kembali musik lama saya dan ini terbukti amat menarik secara kreatif dan memuaskan. Saya memiliki banyak kejutan untuk ini. Saya ingin berterima kasih kepada kalian karena telah mendukung sata melalui drama ini, dan saya tak sabar kalian mendengar apa yang telah saya impikan," tulis Swift.

Selain itu Taylor Swift juga menuliskan pesan yang mengisyaratkan keinginan untuk kerja sama dengan Shamrock Holding. Namun,  Taylor Swift mengaku tak ingin hal itu terjadi bila masih melibatkan Scooter Braun. 

Dia menegaskan tidak akan terlibat dalam negosiasi yang akan menguntungkan Scooter Braun secara langsung atau tidak langsung. 

[Gambas:Video Insertlive]



(ikh/syf)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER