Film 'Perempuan Tanah Jahanam' Terpilih Wakili Indonesia di Oscar 2021

Dini Astari - INSERTLIVE
Selasa, 10 Nov 2020 21:15 WIB
Perempuan Tanah Jahanam
Jakarta, Insertlive -

Film horor Perempuan Tanah Jahanam garapan Joko Anwar resmi menjadi wakil Indonesia untuk bersaing di kategori International Feature Film di Oscar 2021.

Film yang memiliki judul internasional Impetigore itu terpilih setelah melalui seleksi yang dilakukan Komite Seleksi Oscar Indonesia.

"Sesuai pedoman Komite Seleksi Oscar di Indonesia dan regulasi Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), setelah dilakukan penilaian, komite menetapkan film berjudul Perempuan Tanah Jahanam menjadi wakil Indonesia sebagai film pilihan di kategori International Feature Film," kata Ketua Komite Seleksi Oscar Indonesia, Garin Nugroho dalam konferensi pers daring, Selasa (10/11).


Film Perempuan Tanah Jahanam dipilih tim komite karena memenuhi sejumlah kriteria yang ditetapkan seperti unsur-unsur film, termasuk dari sisi penyutradaraan, hingga skenario.

Perempuan Tanah JahanamPerempuan Tanah Jahanam/ Foto: (dok.Perempuan Tanah Jahanam)

Garin juga menambahkan bahwa film bergenre horor dan thriller tersebut membawa nilai-nilai lokal dan global. Nilai itu bisa menjadi representasi Indonesia di ajang penghargaan film terbesar di dunia itu.

"Dalam film ini ada yang menarik. Mulai dari unsur-unsur yang telah teruji, hingga latar belakang budaya terkait mistisme di Indonesia juga menjadi swadaya kuat dari film ini," ujar Garin.

Sementara itu, Perempuan Tanah Jahanam juga menjadi primadona di Festival Film Indonesia 2020. Film yang dibintangi Tara Basro itu memborong 16 nominasi dan memecahkan rekor nominasi terbanyak sepanjang sejarah Festival Film Indonesia.

[Gambas:Video Insertlive]



(dia/fik)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER