Sutradara Perempuan Indonesia Diundang Jadi Anggota The Academy

ikh - INSERTLIVE
Rabu, 01 Jul 2020 16:22 WIB
Oscar
Jakarta, Insertlive -

Sutradara asal Indonesia Amelia Hapsari diundang untuk menjadi anggota organisasi penyelenggara Oscar, The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). Amelia dikenal sebagai sineas yang menggarap film dokumenter berjudul film Fight Like Ahok.

AMPAS belum lama ini mengundang 819 nama sineas yang diundang untuk bergabung di situs mereka. Daftar tersebut memuat nama sutradara asal Semarang ini yang juga dikenal lewat film Rising in Silence.

Sejumlah nama yang masuk dalam daftar undangan tersebut karena dilihat dari karya mereka dalam industri perfilman. Keanggotaan ini membuat Amelia dan yang lainnya berhak memberikan suara untuk memilih nominasi serta pemenang Oscar di pagelaran mendatang.


Sutradara Yi Seung-jun juga mendapatkan undangan untuk menjadi anggota The Academy tahun 2020. Yi Seung-jun dikenal lewat film dokumenter In The Absence yang berkisah soal tragedi kapal Sewol.

Para artis yang berperan dalam film Parasite seperti Choi Woo-shik, Jang Hye-jin, Cho Yeo-jeong, Lee Jung-eun, serta Park So-dam juga ikut diundang untuk bergabung. Bahkan sejumlah kru yang terlibat dalam film Parasite juga ikut masuk dalam daftar undangan.

"The Academy dengan senang hati menyambut kalian dalam AMPAS. Kami selalu merangkul bakat-bakat luar biasa yang mencerminkan keberagaman dalam komunitas film kami," kata Presiden The Academy, David Rubin.

Selain itu ada pula nama-nama artis seperti Awkwafina dan Constance Wu (Crazy Rich Asians), Ana de Armas (Knives Out), Zendaya Coleman (Spider-Man: Far From Home), George MacKay (1917), Eva Longoria (Overboard), Tzi Ma (The Farewell), Hrithik Roshan (Super 30) dan Florence Pugh (Little Women) juga turut diundang.

Keanggotaan The Academy kali ini juga memperbanyak jumlah perempuan yang sebelumnya hanya sedikit. Seluruh anggota yang terdaftar pada 2020 terdiri dari 45 persen perempuan, 49 persen berasal dari 68 negara, 36 persen dari etnis atau ras yang selama ini belum terwakili.

"Kami ingin selalu menjadikan Academy merefleksikan dunia lewat keanggotaan, program, dan penghargaan kami," kata CEO The Academy, Dawn Hudson.

[Gambas:Video Insertlive]



(ikh/fik)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER