Gitar Akustik Kurt Cobain di 'MTV Unplugged' Terjual Rp85 Miliar

ikh - INSERTLIVE
Minggu, 21 Jun 2020 16:31 WIB
Kurt Cobain
Jakarta, Insertlive -

Gitar akustik yang dimainkan Kurt Cobain saat tampil bersama Nirvana di konser MTV Unplugged pada 1993 laku terjual dengan harga fantastis. Gitar tersebut akhirnya berhasil terjual dengan harga US$6,01 juta atau sekitar Rp85,6 miliar.

Nilai jual tersebut mampu memecahkan rekor penjualan gitar David Gilmour. Gitar stratocaster milik vokalis Pink Floyd itu sebelumnya laku terjual US$3,95 juta atau sekitar Rp56,2 miliar.

Gitar akustik-elektrik retro tipe Martin D-18E 1959 milik Cobain itu tentu punya nilai sejarah yang luar biasa. Gitar tersebut digunakan Cobain saat konser di New York, 5 bulan sebelum dirinya meninggal dunia pada 1994.


Sosok yang membeli gitar milik mendiang Cobain itu bernama Peter Freedman. Ia merupakan salah satu pendiri bisnis aksesoris studio musik Rode Microphones.

Kurt CobainGitar akustik Kurt Cobain/ Foto: Instagram/nirvana_kdk87

Freedman memperoleh gitar Cobain tersebut beserta case aslinya yang dihiasi selebaran album Feel the Darkness milik band Poison Idea rilisan tahun 1990. Selain itu Freedman juga mendapatkan setengah string gitar, tiga pick gitar, serta tas berbahan suede yang berisi, pisau, garpu, dan sendok perak.

Selain itu berbagai perak-pernik Nirvana seperti poster album Nevermind, cetakan hasil pemotretan untuk majalah Spin pada 1992 lengkap dengan tanda tangan personil juga berhasil terjual dalam pelelangan tersebut. Bahkan sejumlah pakaian yang dikenakan Cobain dalam sejumlah konser dan video klip juga diborong penggemar.

[Gambas:Video Insertlive]



(ikh/ikh)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER