Waduh, Lagu Baru Winner Dituduh Contek 'Ddaeng' Milik BTS

SYAFRINA SYAAF - INSERTLIVE
Senin, 23 Mar 2020 11:35 WIB
Waduh, Lagu Baru Winner Dituduh Contek 'Ddaeng' Milik BTS
Jakarta, Insertlive - Grup idol K-Pop Winner besutan YG Entertainment baru saja mengunggah prarilis lagu terbaru mereka bertajuk Hold di akun YouTube resmi. 

Para penggemar BTS atau ARMY langsung menyadari bahwa Hold telah meniru Ddaeng, meskipun Winner membuat tempo musik Hold  lebih cepat, mereka anggap kemiripannya terlalu kentara. 

Kejanggalan terjadi ketika mendengar 20 detik pertama Hold, ketukan dan lantunan musiknya sangat mirip dengan lagu BTS bertajuk Ddaeng.


Lagu Hold yang dianggap menyerupai Ddaeng ini pun memecahkan kehebohan di media sosial Twitter sehingga membuat tagar #Ddaeng menjadi trending terpopuler ketiga di Indonesia. 

Salah satu akun Twitter @OT7Kissed membedah kedua lagu dalam format video. Kemudian, dia membuat musik Hold menjadi lebih lambat sehingga semakin terdengar kemiripannya dengan lagu BTS. 






"Oh tidak, mereka bahkan memiliki brr brr sebagai latar musik dan orang-orang masih klaim bahwa whygee tidak secara terang-terangan menyontek ddaeng? Bayangkan mereka sudah putus asa untuk menang. Mereka mencuri lagu BTS yang dirilis secara gratis untuk penggemar di platform berbayar?," tulis @Lisa_Army493

"Sangat lucu bagaimana komunitas Kpop menyeret BTS dan ARMY ke neraka dulu karena tuduhan plagiat. Sekarang, mereka menganggap ini biasa saja," tulis @yoonjishoelace.

"Aku kesal dengan mereka (YG) mereka menyebalkan,"@OT7Kissed. 


Tidak tinggal diam, penggemar WINNER yang disebut INNERCIRCLE memberikan penjelasan dan pembelaan bahwa Hold tidak meniru Ddaeng milik BTS. 

Para INNERCIRCLE juga meramaikan linimasa Twitter sebagai perisai grup idol kesayangan mereka. 

"oke pertama, lagu ini benar-benar berbeda dari ddaeng. lagu ddaeng menggunakan instrumental terbuka dan tajam seperti seruling dan guzheng, dan hold menggunakan pada synth yang lebih tenang.ddaeng adalah perkusi berat, dan hold tidak. berhenti berbicara omong kosong tentang WINNER," tulis @tensbambi. 

"Tolonglah hargai WINNER aku mohon. Ini adalah comeback terakhir mereka sebagai grup karena Jinu akan wamil. Kalau kamu marah, jangan membenci WINNER, tapi benci manajemennya. Mereka (WINNER) lakukan semua untuk kami, InnerCircle. Meskipun mereka akan pergi, kami akan selalu mengingat mereka," tulis @TWriterInspired. 

Kemudian, salah satu pemilik akun @namumolan mengunggah dua lagu, yakni Just Dance milik J-Hope BTS dan Dance On Me milik Goldlink yang dianggap juga memiliki kemiripan satu sama lain. Dia mengatakan, K-Pop banyak dipengaruhi oleh budaya musik Afrika Amerika sehingga wajar bila saling menyerupai. 

"Jika WINNER seharusnya mencuri maka jujur ... apa yang orang sebut ini? seluruh argumen ini ini benar-benar tidak dibutuhkan. kita mendengarkan pop idola korea, industri mengangkat begitu banyak budaya & musik hitam amerika," tulis @namumolan. 












[Gambas:Video Insertlive]








(des/des)
FOTO TERKAIT
KOMENTAR
ARTIKEL TERKAIT
detikNetwork
BACA JUGA
VIDEO
TERKAIT
POPULER