Balada Insan Muda, Single Baru Diskoria yang Penuh Nostalgia

Gabriel Alexander - INSERTLIVE
Rabu, 13 Feb 2019 21:02 WIB
Balada Insan Muda, Single Baru Diskoria yang Penuh Nostalgia
Jakarta, Insertlive - Pada pertengahan 2017 lalu, duo DJ asal Jakarta, Merdi Simanjuntak dan Fadli Aat, menggetarkan jagat skena musik disko. Dibentuk sejak 2014 silam, Diksoria berhasil membangkitkan nostalgia dengan membawakan lagu-lagu hits Indonesia dari era 80-an.

Berawal dari penampilan Mardi dan Aat di acara Suara Disko pertama pada 2015 silam, mereka bertemu dengan pencipta lagu Laleilmanino (Arya 'Lale' Adidta, Ilman Ibrahim Maliq & D'essential, dan Nino RAN), hingga timbullah kertertarikkan mereka dengan kanon musik Pop era 80-an, yang pada tahap selanjutnya membuat seminar tentang musik Pop bersama Proud Project.

Diskoria rilis single Balada Insan MudaFoto: Gabriel Alexander
Diskoria rilis single Balada Insan Muda

Terbaru, duo Diskoria ini melahirkan single terbaru mereka dengan tajuk Balada Insan Muda yang akan dirilis pada 14 Februrari 2019. Single ini akan dirilis pertama kali oleh Suara Disko & Locker Media.

Dalam siaran pers hari ini, Rabu (13/2), mereka menyebut bahwa single Balada Insan Muda ini merupakan interpretasi mereka terhadap skena musik Pop Indonesia era 80-an, dari segi aransemen musik dan penulisan lirik yang diterjemahkan dengan baik oleh Laleilmanino, selaku komposer. Alat musik yang digunakan juga sangat relevan dengan alat musik zaman tersebut, seperti synthesizer analog dan piano Rhodes. Lalu penulisan lirik pun disesuaikan dengan diksi khas zamannya yang membuat pendengar seolah berpelesir ke masa silam.

Merdi, mewakili Aat, juga menekankan bahwa sangatlah penting mendengar musik pop lokal era 80-an yang mulai tergeser popularitasnya dengan musik Pop 80-an mancanegara. "Yang ingin disampaikan kepada pendengar adalah bawa musik Indonesia juga memiliki musik pop berkualitas di era-nya, dan pilihan bagi orang Indonesia untuk mendengar lagu pop berkualitas itu sebenarnya sangat luas, sehingga tidak perlu menjadi pilihan terakhir untuk didengarkan dibanding lagu pop mancanegara," ujarnya.

Duo Diskoria, Merdi & AatFoto: Gabriel Alexander
Duo Diskoria, Merdi & Aat
Dalam wawancara bersama Nino RAN, ia mengungkap kesenangannya terlibat dalam projek Diskoria ini, "Mereka tuh melakukan pergerakan yang menurut gue sangat mengapresiasi musik Indonesia. Jadi ini mungkin kolaborasi yang bisa kita lakukan sama mereka sih, membantu mereka menulis lagu dan memproduseri. Dengan harapan ke depannya banyak anak-anak muda di Indonesia yang mungkin tadinya apatis sama musik lama, jadi lebih memahami bahkan menghargai musik-musik lama Indonesia." 

Terkahir, Duo Diskoria ini mengungkapkan harapannya agar lagu mereka bisa menjadi athem musik pop yang akan dikenang kemudian hari. Selamat ya Duo Diskoria!
[Gambas:Video Insertlive] (doa/ren)
KOMENTAR
POPULER